Aktivitas Marinus Gea (MrG)
  • Register

Mimbarbangsa.com - Semua orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat, namun tidak sedikit juga orang yang mengabaikannya akibatnya tubuh sangat rentan dari berbagai serangan penyakit. Manusia harus sehat, kalau tidak sehat tidak mungkin kita datang ke sini “kata Marinus Gea Anggota DPR RI Komisi IX di Aula Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan pada acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas). Jumat, 8/9/17)

Menurut Marinus Gea sebagai salah satu nara sumber dalam acara tersebut mengatakan bahwa pola hidup sehat dapat dimulai dengan hal simpel yakni menjaga pola makan serta aktif berolahraga.

Melihat pentingnya hidup sehat, Marinus Gea bersama Kemenkes (Kementerian Kesehatan) Republik Indonesia sebagai mitra kerja Komisi IX DPR RI tergerak mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mendukung pembangunan ekonomi dan upaya penanggulangan kemiskinan. Sebab, kesehatan menjadi salah satu ukuran dalam Indeks Pembangunan Manusia ”paparnya”

Materi Germas yang disampaikan Kasubag TU Irmawati Pasaribu, SE, M.Si, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI. Irmawati Pasaribu menjelaskan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) adalah suatu gerakan atau tindakan sistematis, terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat atas dasar kesadaran, kemauan dan  kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia”jelas Irmamawati sebagai salah satu nara sumber”

Irmawati menyadarkan masyarakat dengan menyajikan poin penting sebagai acuan pola hidup sehat, yakni mendorong masyarakat agar rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak mengkonsumsi alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang.

 Hal ini ditekankan karena tidak sedikit masyarakat indonesia yang mengabaikan pola hidup sehat bahkan masalah ini sudah sampai pada tingkat yang cukup memprihatinkan “katanya”

Warga menyambut baik acara sosialisasi Germas dan berharap terus dilakukan secara berkesinambungan agar masyarakat semakin sadar pentingnya hidup sehat."kata Ahmad salah satu warga Serpong yang turut hadir dalam acara tersebut.

Di tempat terpisah Marinus menjelaskan bahwa Germas adalah program bersama Kementerian Kesehatan dengan Komisi IX DPR RI yang bertujuan memberikan pengetahuan dan mengedukasi  masyarakat bagaimana membuat pola hidup sehat baik dalam keluarga, lingkungan maupun di tengah-tengah masyarakat.

 Khusus dapil (daerah pemilihan) tiga Banten telah banyak program sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat  dilaksanakan dan ke depan akan diadakan pelatihan pembudidayaan makanan-makanan sehat seperti pembudidayaan jamur tiram yang bertujuan selain masyarakat dapat mengkonsumsi makanan-makanan sehat, mereka bisa mandiri dan ekonominya dapat terbantu. “kata Marinus Gea politisi PDI Perjuangan  mengakhiri pembicaraan dengan awak media.
 (Ferry Zai)

germas3