Seputar Kabinet Jokowi - JK
  • Register

TRIBUNNEWS.COM, BREBES - Cuaca yang terik dan perjalanan panjang dari Jakarta menuju Brebes, Jawa Tengah tak menghalangi Menteri Sosial Idrus Marham untuk mendatangi langsung lokasi bencana tanah longsor di Desa Pasirpanjang, Salem, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2018) siang.

Sesaat setelah mencapai Brebes, Idrus langsung berupaya menembus lokasi bencana yang sedikit terisolasi akibat bencana alam tanah longsor.

Karena jalan yang sempit, terjal, dan licin, Idrus harus menaiki kendaraan roda dua jenis trail untuk mencapai lokasi demi memberikan bantuan santunan bagi korban yang meninggal maupun korban luka.

Idrus memilih untuk mengendarai sendiri motor trailnya yang berwarna biru.

Mengenakan kemeja krem seragam Tagana, kacamata hitam, dan topi merah, Idrus langsung menggeber motornya menuju lokasi bencana.

Selama perjalanan Idrus terlihat memantau langsung kawasan yang terdampak langsung bencana longsor tersebut.

Sesampainya di rumah korban, Idrus langsung memberikan bantuan santunan Rp 15 juta untuk setiap korban meninggal dunia dan Rp 2 juta untuk korban luka.

Idrus juga tampak memantau langsung dapur umum yang digunakan anggota Tagana dan sukarelawan untuk memasak makanan bagi para pengungsi.

Idrus juga memimpin doa bersama pengungsi dan anggota Tagana agar segera diberi kesehatan dan kehidupan seperti sediakala.

“Semoga keluarga korban yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan serta korban yang meninggal diberi tempat terbaik di sisi-Nya,” ucap Idrus.

Sebanyak 11 korban meninggal dunia akibat bencana tanah longsor Kamis (22/2/2018) lalu.

Sebelas korban meninggal itu adalah Hj Kadini (P,60); Casto (L,48); Wati (P,80); Radam (L,59); Kiswan/Tewol (L,45); Wartinah (P,46); Carki (P,53); Sarmah (P,60); Turkiah (P,59); Rasminah (P); dan Casti (P,58).

Selain Idrus Marham, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Anggota Komisi IV DPR RI Agung Widyantoro menemani Mensos meninjau longsor Brebes.

Mereka ditemani Bupati Brebes Idza Priyanti, Kodim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, dan Kapolres Brebes AKBP Sugiarto.