Seputar Kabinet Jokowi - JK
  • Register

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memprediksi muncul tiga pasangan calon dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019. Prediksi itu muncul setelah mencermati aturan mengenai ambang batas pencalonan presiden sebesar 20% perolehan kursi atau 25% suara nasional.

"Paling banyak tiga pasang," kata Tjahjo di Hotel Sultan, Senayan Jakarta Pusat, Sabtu 26 Agustus 2017.

Tjahjo menganggap wajar kemunculan konstelasi antarparpol menjelang pilpres 2019. Koalisi parpol dimungkinkan terjadi secara cair hingga akhir batas waktu pendaftaran.

"Apakah koalisi bersama dengan Pak Jokowi ini solid? Belum tentu. Karena koalisinya ini semua juga berebut siapa yang akan diposisikan sebagai wapres Pak Jokowi," tuturnya.

Tjahjo menambahkan ambang batas pencalonan presiden 20-25% itu dinilai tidak akan menghambat proses pencalonan capres-cawapres. Aturan ini, kata dia, perlu dipandang sebagai bentuk konsolidasi demokrasi.

"Jadikan sebagai acuan melakukan konsolidasi. Parpol-parpol baru silakan bergabung (koalisi), tetapi tentu harus diuji dalam pileg melalui perolehan suara caleg DPRD dan DPR RI," kata Tjahjo.