Pojok Berita Dari Rumah Perjuangan PDI-P
  • Register

GARUT, KOMPAS.com — Calon presiden Joko Widodo menanggapi positif keputusan Mahkamah Konstitusi dan Komisi Pemilihan Umum yang memastikan pemilu akan berlangsung satu putaran.

"Ya, bagus. Bagus! Menghemat anggaran, menghemat APBN berapa triliun coba," kata Jokowi di Garut, Jawa Barat, Kamis (3/7/2014) malam.

Gubernur DKI Jakarta nonaktif ini pun optimistis akan memenangkan Pemilu Presiden 2014. Dia mengaku optimismenya itu juga selalu diiringi dengan doa.

 

"Kerja itu harus optimistis. Kita ikhtiar setiap hari sampai jam 3 pagi, sampe jam 4 pagi. Tapi, yang menentukan nanti takdir Allah dan kehendak seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi atas Pasal 159 ayat 1 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Pasal 159 ayat 1 UU Pemilu Presiden menyatakan, "Pasangan calon terpilih adalah pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam pemilu presiden dan wakil presiden dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia."

Uji materi mempersoalkan syarat perolehan suara 20 persen di setengah jumlah provinsi dalam pasal tersebut. "Pasal itu tidak berlaku untuk hanya terdiri dua pasang calon," kata Ketua MK Hamdan Zoelva.

Hamdan mengatakan, bila hanya dua pasangan calon, pemenang pemilu adalah peraih suara terbanyak yang dianggap telah mewakili semua daerah di Indonesia. Permohonan uji materi itu diajukan oleh Forum Pengacara Konstitusi yang diwakili oleh Andi M Asrun.

Pemohon menilai ketentuan yang termuat dalam Pasal 159 ayat 1 merupakan bagian dari konstruksi hukum bersama Pasal 6A ayat 3, Pasal 6A ayat 4, dan Pasal 159 ayat 2 UU Pilpres.

Menurut mereka, konstruksi hukum tersebut mengharapkan pasangan lebih dari dua calon sehingga dua yang terbanyak kemudian maju dua putaran. Ketentuan itu dinilai menimbulkan ketidakpastian hukum saat peserta pilpres hanya dua calon.

Guests Online

Kami memiliki 22 tamu dan tidak ada anggota online