Pojok Berita Dari Rumah Perjuangan PDI-P
  • Register

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan calon yang akan diusung di Pemilihan Gubernur Jawa Barat dan Jawa Tengah pada Januari 2018. Deklarasi itu akan dilakukan sebelum pendaftaran pasangan calon kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 8 Januari 2018.

"Awal Januari kami akan umumkan. Karena tanggal 10 Januari kami juga akan ulang tahun partai tentu saja ini merupakan momentum yang sangat baik," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP, Jln Diponegoro, Menteng, Jakarta, Minggu (17/12).

Selain Jabar dan Jateng, kata Hasto, PDIP juga telah mengantongi nama calon kepala daerah untuk Pilgub Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. Nama-nama calon untuk Pilgub Papua, Kalimantan Barat hingga Lampung sudah mengerucut.

"Bahkan Jabar juga kami nyatakan siap. Kemudian Sumut, Sumsel sudah siap, hanya kami umumkan nanti dalam momentum yang akan datang," ungkapnya.

Khusus untuk Pilgub Jateng, nama Gubernur petahana Ganjar Pranowo diunggulkan kembali menang di Pilgub Jateng 2018. Sayangnya, PDIP tak mau terburu-buru mengusung Ganjar.

Saat ditanya apakah pertimbangan belum mengusung Ganjar karena namanya disebut dalam dakwaan Irman dan Sugiharto atas kasus korupsi e-KTP, Hasto menampik. Hasto berkilah Ganjar sudah beberapa kali dapat penghargaan dari KPK.

"Pak Ganjar adalah sosok yang sederhana bahkan dari kepemimpinan Pak Ganjar Pranowo Provinsi Jateng mendapatkan penghargaan beberapa kali dari KPK," tandasnya.

Ditambahkannya, PDIP membuka diri untuk menjalin koalisi dengan partai lain di Jateng, Jabar, Kalimantan Barat hingga Lampung meski memiliki cukup kursi di DPRD masing-masing daerah.

"Tentu saja proses komunikasi politik terus kami lakukan. Di Jawa Tengah dan Jawa Barat meski kami bisa mencalonkan sendiri demikian pula Kalimantan Barat dan Lampung, kami tetap membuka ruang kerjasama itu," ucapnya.

Hasto melanjutkan, partainya saat ini fokus menyiapkan calon-calon yang mengusung politik hijau dan menaruh perhatian besar terhadap lingkungan. Tema politik hijau menjadi dasar pertimbangan PDIP saat memilih pasangan calon untuk 4 daerah, yakni Riau, Maluku, NTT dan Sulawesi Tenggara.

"Ke depan kami juga akan memiliki tema yang sangat khusus sesuai dengan daerah yang akan kami umumkan," tukasnya. [ded]

Guests Online

Kami memiliki 33 tamu dan tidak ada anggota online