Pojok Berita Dari Rumah Perjuangan PDI-P
  • Register

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menggandeng Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk melatih anggota Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) yang merupakan organisasi sayap partai berlambang kepala banteng ini.

"Dia yang di Baguna harus sehat wal afiat lahir dan batin. Sebab, bagaimana mau menolong orang kalau dia sendiri sakit. Inilah makanya saya kerja sama dengan Basarnas agar dilatih. Anggota Baguna harus sehat lahir batin baru bisa menolong orang lain," kata Mega saat memberi sambutan dan membuka acara Rakornas Baguna di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/10/2017).

Megawati menambahkan, Baguna juga harus mampu bergerak cepat dalam menghadapi situasi bencana. Misalnya ada kebakaran, maka harus sudah tahu apa yang harus dilakukan.

"Misalnya begitu kita dengar Gunung Agung mau meletus, maka saya instruksikan agar DPD langsung gunakan Baguna," ucap Mega.

Baguna, nantinya dibagi dalam dua tugas, yaitu Baguna Basah dan Baguna Kering. Pembagian ini sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

"Baguna Basah, ia diterjunkan kalau dalam kondisi banjir, menolong orang yang tenggelam dan sebagainya. Kemudian ada Baguna Kering. Dia yang di bidang kesehatan, menolong dalam kondisi longsor misalnya. Di belakang seperti membangun tenda dan masak. Dengan demikian, kerja menjadi berkualitas," terang Mega.

Guests Online

Kami memiliki 33 tamu dan tidak ada anggota online