Pojok Berita Dari Rumah Perjuangan PDI-P
  • Register

SAWAH BESAR, PJ – Generasi penerus bangsa yang bermental dan berakhlak baik, haruslah dipersiapkan sejak usia dini dengan cara diperkenalkan pada kegiatan-kegiatan yang memotivasi cinta tanah air, membangkitkan jiwa nasionalisme, dan menghargai jasa para pahlawan dan pendiri bangsa.

 

Hal itu dikatakan oleh Marinus Gea, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga Ketua Panitia Pelaksanaan Acara Peringatan HUT RI ke-72 DPP PDI Perjuangan, saat dijumpai oleh porosjakarta.com di sela acara Lomba Paskibra yang diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017) pagi.

Marinus menambahkan, lomba Paskibra hari ini yang diadakan untuk memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-72 yang diselenggarakan oleh DPP Partai PDI Perjuangan, merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memeriahkan itu ada beberapa lomba lain yang sudah disiapkan.

“Ada lomba Pidato Bung Karno, Lomba Paduan Suara Patriot Bangsa. Dan, nanti di tanggal 17 Agustus bersama dengan warga dari Jabodetabek bertempat di kantor PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, sudah disiapkan berbagai acara lomba-lomba kerakyatan, seperti lomba panjat pinang, lomba balap engrang, lomba mewarnai untuk usia anak-anak, juga lomba menghias tumpeng. Itu adalah bagian-acara-acara perayaan seremonial yang dilakukan,” paparnya..

Hari ini lomba Paskibra yang dilaksanakan adalah untuk yang kedua kali. Tahun 2016 lalu, lomba Paskibra hanya diperuntukan bagi peserta di wilayah DKI Jakarta. Sedangkan pada tahun 2017 ini pesertanya meningkat meliputi Jabodetabek.

Peserta lomba Paskibra adalah anak-anak sekolah tingkat SMA/SMK/MA. Peserta yang sudah mendaftar sekitar 36 peserta. jurinya dari Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora).

“Harapan kedepan, wilayah pesertanya akan diperbesar lagi ke tingkat nasional,” ujar Marinus.

Marinus pun memaparkan tujuan sebenarnya diadakan berbagai lomba ini bukanlah sekedar memberikan kejuaran dan hadiah kepeda peserta, tetapi lebih dari situ adalah melatih jiwa dan semangat nasional mereka mulai dari sekarang. Kemudian anak-anak muda ini punya harapan masa depan yang juga ingin akan menjadi pemimpin di masa depan untuk bangsa Indonesia.

“Anak-anak muda ini sejak usia dini sudah harus ditanamkan jiwa nasionalisme yang kita harapkan menjadi tonggak yang mepertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. Nah, dengan PDI Perjuangan mengadakan acara perayaan HUT RI seperti ini, sebenarnya kita sedang melakukan suatu kegiatan pembinaan dalam mengisi kemerdekaan itu, membina mentalitas mereka, dan menjauhi hal-hal yang buruk,” ungkap Marinus.

 

Lomba Paskibra yang digelar PDI Perjuangan di Lapangan Banteng (foto/Merwyn-PJ)

Sekretaris Panpel Acara Peringatan HUT RI ke-72 DPP PDI Perjuangan, Yuke Yurike yang juga ditemui porosjakarta di lokasi lomba Paskibra mengatakan DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dalam mengisi perayaan dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. PDI Perjuangan, sebagai bagian elemen bangsa akan senantiasa berdiri dibarisan terdepan bersama rakyat untuk menjaga amanat pendiri bangsa serta memberi warna bagi perjalan bangsa ini.

PDI Perjuangan senantiasa menempatkan rakyat sebagai inspirasi perjuangan. Rakyat adalah subyek bagi pergerakan menuju tercapainya cita-cita Indonesia merdeka.

“Rangkaian perayaan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 PDI Perjuangan akan ditutup dengan kemeriahan pesta rakyat yang melibatkan masyarakat dari Jabodetabek dalam berbagai lomba dan atraksi yang meriah dan penuh semangat persaudaraan, kebangsaan dan patriotisme,” tandas Yuke Yurike yang juga Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Lomba Paskibra ini mendapat apresiasi tinggi dari peserta yang tetap tampil semangat walaupun cuaca hari ini cukup panas. Mereka mempersiapkan diri dengan serius walaupun waktu persiapannya cukup mepet.

“Senang ada yang peduli dengan menggelar lomba paskibra. Lomba Paskibra ini tidak saja sekedar menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, namun juga baik untuk melatih mental, dan kekompakan sesama teman. Persiapannya hanya sekitar 9 hari. Tapi adik-adik ini tetap semangat dan tentu saja berharap dapat meraih juara,” ujar Rio, salah satu kakak pelatih Paskibra SMK 1 Budi Utomo. [PJ/Bona]

Guests Online

Kami memiliki 31 tamu dan tidak ada anggota online