Berita Terbaru - Newsflash
  • Register

Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahun. Pancasila bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

 

"Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insyaallah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam amanat Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Juni 2018.

Menurut dia, Pancasila merupakan berkah indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia. Ideologi negara itu tercipta melalui perenungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Pancasila, jelas dia, pertama kali diuraikan oleh Presiden pertama RI Soekarno (Bung Karno) pada 1 Juni 1945. Uraian itu kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945.

"Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan," ucapnya.