Berita Terbaru - Newsflash
  • Register

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengharapkan adanya klarifikasi dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan terkait ucapannya beberapa waktu lalu.

Diketahui, Zulkifli sempat memicu kontroversi saat berkunjung ke Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jl Raya Sutorejo No 59, Mulyorejo, Surabaya, Sabtu (20/1).

"Di DPR saat ini dibahas soal undang-undang LGBT atau pernikahan sesama jenis. Saat ini sudah ada lima partai politik menyetujui LGBT," kata Zulkifli.

Hasto pun mengatakan jika Zulkifli harus menyebut nama partai, untuk menghindari kesalahpahaman dan kontroversi yang lebih panjang.

"Karena bapak Zulhas tidak menyebut partainya mana, maka kami harapkan pak Zulhas untuk melakukan klarifikasi," ujar Hasto, usai pagelaran teater 'Satyam Eva Jayate' di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018).

PDI Perjuangan sendiri, kata Hasto, konsisten untuk menolak segala hal yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Ia percaya bahwa seluruh rancangan peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan kedua dasar hukum di Indonesia itu.

Disinggung apakah dirinya dan PDI Perjuangan akan melaporkan Zulkifli ke MKD, Hasto menampiknya.

Lantaran itu pernyataan dari yang bersangkutan, ia hanya berharap Zulkifli bisa menyebut nama partai yang dimaksud dari pernyataan kontroversialnya.

"Oh tidak, itu pernyataan. Setiap pemimpin harus bertanggung jawab pada pernyataannya. Pak Zulkifli bisa menyebutkan partai-partai mana yang dia maksudkan," katanya.