Berita Terbaru - Newsflash
  • Register

Jakarta - Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri,‎ menceritakan pengalamannya yang pernah bertemu dengan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) yang namanya dikenang dunia sampai saat ini, John F Kennedy.

Kata Megawati, dirinya ikut dalam rombongan delegasi Indonesia di Konferensi Gerakan Non-Blok di Beograd, Yugoslavia pada tahun 1961. Saat itu, Megawati masih sangat muda berumur 14 tahun.

Dari konferensi itu, Presiden RI Soekarno berangkat ke Amerika Serikat. Sebagian anggota rombongan ada yang ke Rusia. Tujuannya adalah menyampaikan hasil konferensi Gerakan Non-Blok itu.

"Ketika itu saya bertemu Kennedy yang handsome," kata Megawati.

Baginya, selain tampan, Kennedy juga adalah sosok yang hangat serta akrab. Dia masih mengingat Kennedy membawa Bung Karno untuk berbincang di kamar pribadinya.

Di situ, banyak hal dibicarakan oleh keduanya. Namun intinya adalah satu. Bahwa Soekarno berharap Kennedy dan Amerika Serikat bisa mengerti apa yang diinginkan oleh negara-negara yang baru merdeka.

"Saya juga bertemu dengan Robert Kennedy," kata Megawato soal saudara kandung John itu.

Hal itu disampaikannya dalam peluncuran dan diskusi tiga buku karya sejarawan Bonnie Triyana dalam Seri Historia, yakni Kennedy & Sukarno, Mengincar Bung Besar, dan Ho Chi Minh & Sukarno di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (30/11).

Di acara itu, dilaksanakan juga diskusi yang menghadirikan tiga pembicara. Yakni Daniel Dhakidae, Yosef Djakababa dan Andina Dwifatma.