Berita Terbaru KPU dan PKPU
  • Register

Jakarta, kpu.go.id- Sesuai ketentuan dalam undang-undang dan peraturan KPU, penyerahan laporan dana kampanye partai politik peserta Pemilu 2014 berakhir hari ini (Minggu, 2/3). Di hari terakhir, enam partai menyerahkan laporan dana kampanye, sehingga total 12 partai telah menyerahkan laporan dana kampanyenya.

Enam partai yang menyerahkan laporan dana kampanye pada hari terakhir adalah Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrat.


 
Batas akhir tanggal 2 Maret yang diberikan KPU kepada partai untuk menyerahkan laporan dana kampanye, menurut Komisioner KPU, Ida Budhiati, adalah sebagai bentuk tertib administrasi dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu.
 
“Batas akhir penyerahan laporan tanggal 2 Maret itu, selain merupakan ketentuan dalam peraturan KPU, juga agar terwujud aspek kepatuhan partai dalam proses penyelenggaraan Pemilu. Itu supaya semua berjalan dengan tertib. Alhamdulillah seluruh partai bisa memenuhi itu,” tandas Ida saat jumpa pers di Ruang Sidang Utama KPU.
 
Laporan dana kampanye, lanjut Ida, terdiri dari tiga jenis, yakni laporan penerimaan sumbangan periode II, laporan pembukaan rekening khusus dana kampanye, dan laporan awal dana kampanye.
 
Selanjutnya, besok (Senin, 3/3) KPU mulai melakukan verifikasi terhadap berkas administrasi yang diserahkan oleh parpol. Verifikasi administrasi ini, sesuai ketentuan, akan dilakukan selama tiga hari.
 
Setelah itu, KPU memberitahukan hasil verifikasi kepada setiap parpol. KPU memberikan kesempatan selama lima hari kepada parpol untuk menyampaikan perbaikan atau kelengkapan dokumen administrasi apabila memang diperlukan. (dd. FOTO KPU/dd-bk/hupmas)

Pesan Perjuangan Ketua Umum



Guests Online

Kami memiliki 40 tamu dan tidak ada anggota online