Berita Terbaru KPU dan PKPU
  • Register

Merdeka.com - Setelah menggelar sidang pleno pada Selasa (23/9) lalu, rencananya Senin (29/9) ini, Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang putusan gugatan sejumlah pemohon terkait Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3). Salah satunya, putusan sidang UU MD3 yang diajukan oleh partai pemenang pemilu 2014 PDIP.

"MK akan ucapkan putusan terhadap perkara Pengujian UU MD3 yang dimohonkan PDIP dan Khofifah IP dkk," kata Humas MK Kencana Sulu Hikmah kepada awak media, Senin (29/9).

Sidang putusan itu akan digelar pukul 16.00 WIB dengan agenda persidangan di ruang utama lantai dua, Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat. Dengan panitera sembilan hakim MK termasuk ketua MK Hamdan Zoelva selaku ketua majelis sidang.

Sementara itu, dalam persidangan UU MD3 terakhir adalah sidang pleno dengan putusan sidang terakhir tak menyebutkan agenda persidangan selanjutnya. Hal inilah yang membuat kubu PDIP sebagai salah satu pemohon merasa yakin jika putusan MK mengabulkan gugatannya.

"Pada sidang hari ini maka Hakim tinggal membuat proses dan keputusan dan kami yakin ke arah sana," kata kuasa hukum PDIP Andi Asrun usai sidang pleno di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (23/9) pekan lalu.

PDIP sendiri mengajukan perkara 73/PUU-XII/2014 tentang pemberlakuan aturan pemilihan pimpinan DPR dan mekanisme pimpinan alat kelengkapan DPR. Optimisme partai berlambang kepala banteng itu merujuk pada keputusan ketua majelis sidang yang menyatakan akan mempertimbangkan keterangan saksi ahli, meskipun tanpa menyebutkan akan mendengarkan keterangan saksi ahli atau tidak. Dengan menyatakan kemungkinan langsung melakukan rapat permusyawaratan hakim (RPH).

Dalam menutup sidang, biasanya ketua majelis akan memberikan keterangan penutup berupa agenda sidang selanjutnya. Atas dasar itulah, selaku salah satu pemohon PDIP merasa optimis jika MK akan memutus perkara tersebut sebelum pelantikan anggota DPR 1 Oktober 2014.

"Ini ada 5 permohonan karena itu hari ini tidak ditetapkan dulu jadwal sidangnya setelah dimusyawarahkan majelis akan diberikan kepada masing-masih pihak apakah perkara ini terus akan mendengarkan keterangan saksi dan ahli ataukah bisa juga langsung diputuskan oleh mahkamah," ujar Hamdan.

Pesan Perjuangan Ketua Umum



Guests Online

Kami memiliki 62 tamu dan tidak ada anggota online